Kegiatan Sosialisasi Kanker Serviks

PURWODADI-PURWOREJO -Rabu, 11 September 2019 mendapatkan Sosialisasi tentang Kanker Servik dari Yayasan Gerakan Peduli Kanker Serviks Indonesia yang bersekretariat di Jombang Jawa Timur. Di hadapan siswa putri kelas 10 dan kelas 11 semua kompetensi, sosialisasi ini disampaikan oleh Uci dan Ayu (petugas yayasan).
Dalam pemaparannya, Uci menyampaikan, Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada sel-sel di leher rahim. Kanker ini terjadi saat ada sel-sel di leher rahim alias serviks yang tidak normal, dan berkembang terus dengan tidak terkendali. Sel-sel abnormal ini dapat berkembang dengan cepat, sehingga mengakibatkan tumbuhnya tumor pada serviks. Tumor yang ganas ini kemudian akan berkembang dan menjadi penyebab kanker serviks.


Lebih lanjut, Uci mengatakan statistik terbaru dari WHO, kanker serviks menyumbang 10,3% dari semua penyebab kematian wanita di Indonesia, dan sekitar 9.496 wanita meninggal setiap tahun akibat kanker serviks. Karena keterbatasan teknologi dan standar perawatan medis, operasi dan kemoterapi sistemik saat ini merupakan metode utama pengobatan kanker serviks di Indonesia. Di akhir penyampaian sosialisasi, Uci memberikan solusi pencegahan kanker serviks dengan cara-cara sebagai berikut :

  • Rutin melakukan pemeriksaan pap smear
  • Mendapatkan vaksinasi HPV
  • Lakukan hubungan intim yang aman dengan menggunakan kondom
  • Hindari merokok
  • Menjaga kebersihan area intim kewanitaan.

Mewakili dari pihak SMK MuhDi, Herie Supriyanto, S.T, menyambut baik adanya sosialisasi tentang Kanker Serviks. Karena ini akan menambah wawasan untuk siswa tentang bahaya dan pencegahan kanker serviks. Mudah-mudahan akan ada solusi jika ada permasalahan kanker serviks.
( Humastri SMK MuhDi, Herie Supriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *